Hai guys... Kali ini gua mau berbagi tips untuk melamar pekerjaan nih, mungkin banyak dari kalian yang merasa kesulitan untuk melamar pekerjaan, mungkin ada yang sulit melamar pekerjaan karena masih baru pertama kali melamar kerja atau karena pendidikan yang rendah.

Sebenernya banyak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan tapi banyak juga calon-calon pekerja yang melamar di perusahaan tersebut. Jadi kesempatan untuk masuk kedalam perusahaan tersebut semakin kecil, apa lagi kalo ada calon pelamar yang lulusan S1 dan memiliki jam terbang yang banyak, semakin susah kita bisa mendapatkan pekerjaan dari perusahaan tersebut. Disini gua mau ngasih tipsnya jadi dibaca bener-bener ya guys, jangan sampe ada yang kelewat.

Oke kita mulai dari yang pertama
Hal yang pertama harus kita perhatikan adalah penampilan kita, banyak dari kita yang melamar tanpa memikirkan penampilan dan berfikir yang penting rapih. Itu salah satu pemikiran yang salah dan dijamin saat kalian melamar kalian hanya akan mendapatkan kekecewaan. Jadi saat kalian melamar kalian harus memakai pakaian yang sopan, gunakan lah kemeja putih tanpa daleman kaos, celana hitam bahan / rok hitam (ukan menggunakan jeans), gunakan sepatu pantofel bukan menggunakan sepatu runing karena kalian mau melamar kerja bukan untuk dekejar anjing penjaga hehehe. Oh iya kalian harus menggunakan minyak wangi yang baunya kalem dan bisa tercium oleh orang agar staff tempat anda melamar memandang ada sebagai calon pekerja yang profesional, kenapa harus yang bisa tercium oleh orang? Karena baju kalian akan bau matahari walaupun kalian pakai jaket sekalipun. Jangan lupa juga gunakan deodorant, gak lucu kan saat kalian melamar tiba-tiba orang yang akan kalian temui menjadi kebauan. Yang terakhir dari penampilan adalah rapihkan rambut kalian, kebanyakan orang melamar rambutnya acak-acakan karena abis menggunakan helm, dan selalu gunakan gel atau minyak rambut agar rambut rapih dan tidak acak-acakan setelah terkena angin, karena penampilan ada akan dilihat dari ujung rambut sampai ujung kaki. Terus kalo surat lamarannya disuruh ditaruh dulu gimana? Sia-sia dong udah rapih-rapih? Kata siapa sia-sia? Perlu kalian tau, kalo kalian rapih dan seperti seorang yang profesional, maka surat lamaran kalian akan dipisah dengan surat lamaran dari pelamar yang lainnya.

Tips yang ke 2
Tips yang berikutnya adalah sikap kita, banyak orang yang melamar hanya bertanya tentang apa di perusahaan tersebut ada lowongan pekerjaan atau tidak tanpa melihat sikap dirinya, biasanya orang ini akan disambut dengan muka cuek dan dijawab ada dan disuruh menaruh lamarannya saja. Jadi gua mau ngasih tau bagaimana sikap kita saat melamar, jadi saat kita mau melamar kita harus membuat ekspresi wajah kita seperti abis mandi (fresh) dan selalu berikan senyuman, walaupun kita habis kesal atau lelah karena jalanan macet dan cuaca panas tapi kita harus memberikan ekspresi yang menggambarkan seorang yang semangat. Kalo saat melamar saja wajah kalian seperti orang yang bt bagaimana saat bekerja? Pasti yang ada di pikiran staffnya kalian orang yang pemalas. Saat kalian hendak masuk kadalam kantor, kalian harus memberi senyum dan bertanya kepada security agar kalian tidak tersesat dan agar kalian terlihat seperti orang yang punya rasa sopan santun, dan saat anda memberikan surat lamaran ke staffnya jangan lupa berikan senyum dan berkata "selamat siang pak/bu saya membaca di surat kabar dan mengetahui kalau diperusahaan bapak/ibu  membuka lowongan pekerjaan? Apaka itu benar pak/bu? Kalau benar apaka lowongan tersebut masih terbuka? Bila masih terbuka, boleh kah saya melamar di perusahaan bapak/ibu?" Setelah itu jangn lupa untuk mengucapkan terimakasih. Bila kalian berkata sopan seperti itu 89% anda akan ditnya "maaf mas/mba, apakah mas/mba mau menunggu? Bila mas/mba tidak keberatan menunggu, saya akan memanggil atasan saya untuk test dan interview mas/mba". Ingat bila kalian sopan maka orang lain akan segan dengan anda

Tips yang ke 3
Kali ini perannya dalam membuat anda diterima sangat besar. Tips berikutnya adalah waktu. Pasti kalian saat melamar datangnya siang, dan yang paling pagi mungkin jam 10, apakah kalian pernah mendengar istilah kalo bangun siang maka rezekinya akan dipatok ayam? Begitulah nasib orang yang melamar siang-siang, kalo kalian melamar siang-siang kalian akan kedahuluan pelamar lain dan kalian akan berhadapan dengan macet dan panas, benerkan? Inget guys yang butuh kerjaan dan yang ingin melamar diperusahaan tersebut bukan lu doang, banyak orang yang membutuhkan pekerjaan. Jadi kalo bisa kalian dateng di jam yang sama dengan jam masuk perusahaan tersebut, kenapa? Karena dari situ orang bisa melihat semangat kerja anda, mereka bisa melihat betapa seriusnya anda.

Tips yang ke 4
Persiapkan semuanya sehari sebelumnya. Banyak orang yang meremehkan hal yang satu ini, mereka berfikir yang penting semua udah ada, kalo ngerapihinnya besok aja pas hari H. Jangan sampai ada orang staff yang melihat anda sedang menyiapkan surat lamaran anda karena dari situ staff perusahaan tersebut sudah melihat bagaimana sikap anda, persiapkanlah surat lamaran anda dari rumah, lalu saat memasuki perusahaan tersebut anda sudah memegang surat lamaran anda, jangn sampai anda masih merapihkan atau memilih-milih surat yang akan anda berikan ke perusahaan tersebut.

Tips yang ke 5
Ini adalah tips yang terakhir guys, yang ter akhir kalian jangan pernah menego masalah gaji. Jaman sekarang semua gaji rata-rata sudah UMR jadi kalian jangan meminta gaji yang besar, walaupun gaji kalian masih di bawah umr, jangan pernah menego gaji saat kalian melamar, ada perusahaan yang langsung nge-test dan meng-interview calon karyawannya, dan saat kalian ditanya kalian mau gaji berapa? Kalian harus menjawab "saya mau gaji sesua dengan pekerjaan saya, mungkin bapak/ibu bisa melihat cara kerja saya dulu untuk menentukan seberapa besar gaji yang diberikan kepada saya" Bila kalian jawab seperti itu maka orang yang menginterview anda akan berfikir kalo anda itu benar -benar membutuhkan pekerjaan tersebut. Soal gaji kalian gak usah takut, yang pasti kalian akan dapat gaji umr, karena perusahaan jaman sekarang sudah memberikan gaji umr, saat orang perusahaan tersebut menanyakan gaji, itu hanya untuk menge-test kalian saja. Lalu bila ada perusahaan yang bilng "kami hanya bisa memberikan gaji 2jt saja" kalian cukup jawab "Tidak apa-apa pak/bu yang penting saya bisa bekerja di perusahaan bapak/ibu karena saya membutuhkan pekerjaan ini" Ada perusahaan yang memberikan gaji dibawah umr, karena mereka berfikir secara realisitis. Kalian baru bekerja, tidak punya pengalaman, tidak punya keahlian, dan mereka melihat pendidikan kalian, makanya perusahaan tersebut memberikan kalian gaji dibawah umr. Tapi kalian jangan berkecil hati dan merasa malas untuk bekerja di perusahaan tersebut, karena semua berawal dari kecil dulu, kalo atasan kalian melihat kerja kalian bagus maka gaji kalian akan di naikan.

Oke guys itu sedikit tips dari gua, kenapa gua bisa yakin sama tulisan gua ini? karena ini adalah pengalaman gua sendiri, karena setiap gua melamar pasti gua selalu diterima. Tapi inget ya guys, ini cuma tips. Yang penting kalian jangan lupa sholat dan berdoa agar kalian cepat diterima kerja.

Ada tips tambahan dari gua, di jaman sekarag perusahaan besar mencari orang yang sudah berpengalaman kerja minimal 2 tahun. Jadi tips dari gua lebih baik kalian melamar di perusahaan kecil yang membutuhkan karyawan secepatnya atau kalian bisa melamar di perusahaan yang masih CV, dan saat kalian ingin keluar dari tempat kalian, jangan lupa untuk minta surat keterangan pengalaman bekerja, karena surat itu sangat penting untuk melamar ditempat lain atau perusahaan yang lebih besar.

Gua ucapin terimakasih karena kalian udah mau menyempatkan sedikit waktu untuk membaca postingan blog gua.

Leave a Reply